Pemanfaatan Laboratorium Sebagai Sumber Belajar (2)
Pemanfaatan Laboratorium (khususnya laboratorium bahasa) sebagai sumber belajar.
Pengajaran di laboratorium bahasa dapat memberikan motivasi belajar siswa, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam berbahasa, hal ini karena ketenangan, kenyamanan, dan kefokusan dalam belajar dapat dirasakan oleh siswa.
Laboatorium bahasa mempunyai peran yang penting dalam pembelajaran karena dengan adanya laboratorium bahasa ketertarikan siswa pada pelajaran tersebut meningkat. Dengan demikian, fasilitas-fasilitas tersebut memungkinkan semua siswa untuk dapat melakukan latihan berbahasa secara intensif dan lebih fokus. Kegiatan belajar mengajar di laboratorium bahasa menjadikan suasana berbeda dibandingkan dengan belajar di kelas. Laboratorium bahasa memungkinkan pelajar dapat melakukan latihan yang intensif dan efektif daripada di dalam kelas.
Selain itu, peralatan laboratorium bahasa dengan didesain secara maksimal dapat peningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris secara signifikan. Simulasi berbagai cara berkomunikasi dapat dilakukan oleh semua siswa. Motivasi belajar siswa meningkat setelah memanfaatkan laboratorium bahasa karena pengajaran yang dilaksanakan di laboratorium bahasa multimedia tersebut jadi lebih bervariasi. Selain itu, mayoritas siswa menyatakan bahwa proses belajar mangajar di laboratorium bahasa sangat menarik. Oleh karena itu pemanfaatan laboratorium bahasa sudah di fungsikan sebagaimana mestinya.
Pembelajaran bahasa Inggris melalui laboratorium bahasa dibagi menjadi 4 fungsi dasar yaitu, percakapan (conversation), mendengarkan (listening), menulis (reading), dan fungsi manajemen instruktur dalam mengatur kegiatan belajar mengajar. Artinya proses balajar mangajar di laboratorim bahasa lebih bervariasi dalam belajar, sehingga tujuan pembelajaran mudah untuk dicapai.
Cara Pemanfaatan Laboratorium Bahasa Secara Maksimal
Mengingat pentingnya kedudukan laboratorium di sekolah dan setelah mengetahui bahwa laboratorium memiliki kekurangan dan kelebihan, maka berikut adalah beberapa cara untuk memanfaatkan laboratorium bahasa secara maksimal, di antaranya:
Menggunakan sistem optimasi ruangan, yakni suatu usaha untuk mengoptimasikan pemakaian ruangan sehingga laboratorium tersebut secara optimal memberikan faedah dan penunjang pencapaian tujuan ruangan. Seperti, pengoptimalan kondisi ruang, tata letak peralatan dalam laboratorium, administrasi inventaris laboratorium dan lain-lain.
Setelah sekolah mengadakan/menyiapkan laboratorium bahasa, guru-guru bahasa (Inggris, Indonesia, dan Arab) dilatih untuk mengoperasikan laboratorium oleh tenaga ahli laboratorium bahasa.
Perlu adanya pengaturan jadwal yang merata antar pengguna laboratorium supaya tidak ada jadwal penggunaan yang bersamaan.
Perlu diupayakan agar laboratorium dapat digunakan setiap hari, artinya tidak ada satu hari pun yang kosong dari pemakaian.
Untuk guru-guru mata pelajaran bahasa (Inggris, Indonesia, dan Daerah) disarankan untuk mengelompokkan materi pembelajaran apa saja yang proses pembelajarannya menggunakan laboratorium.
Tidak kalah pentingnya, siswa juga diberi pengertian tentang pentingnya penggunaan laboratorium dan disarankan supaya dapat memelihara peralatan laboratorium tersebut agar dapat digunakan secara efektif.
Dengan cara-cara tersebut di atas, dapat dipastikan bahwa pembelajaran bahasa akan lebih efektif dan menarik. Laboratorium bahasa bisa bermanfaat secara maksimal. Selain itu para siswa juga dapat mengenal dan mengetahui cara penggunaan alat-alat laboratorium yang tergolong canggih ini.